Mas al 23 bulan

Standar

-Sudah mulai memiliki dunia khayalan

contohnya : guling ditumpuk2 lalu minta salim cium pipi ayah bundanya trus bilangnya mau kerja naik kereta.Dan si guling dijadiin kereta xixi..

-muka dan tangannya halus gk merah2 lagi semenjak test alergi dan mengurangi atau menghindari apapun pencetusnya.Tapi bagian kakinya masih kasar2

-semakin pinter ngomongnya

-anaknya teratur karena dah diajarin klo habis mainan di rapiin lagi jadi klo habis belajar/mainan atau buka lemari pasti dikembalikan seperti semula

-belum lulus toilet trainingnya masih bilang pipis klo pipisnya udah keluar duluan

-sikat gigi masih suka nangis2

-kalau liat angkot mintanya naik angkot,sekarang udah gk nangis lg klo naik angkot

-udah pinter ngadu xixi…

tgl 22 sep karena bunda pusing jd mas al nonton kartun sebelum tidurnya dipercepat tp mas al nangis krn msh belum puas.Habis nangis minta susu embek pas bunda buatin mas al ditanya sama mbaknya ‘mas al tadi nangis knapa?’ mas al jawab ‘toton kaltun suluh bobo’ xixi….

 

MUDIK 28 JULI – 8 AGUSTUS

Standar

-MUDIK 28 JULI-8 AGUSTUS

1. Oleh2 Mudik yang masih keinget dan klo inget itu bikin sakit hati dan kesel adalah mentang2 mas al kurus ada yang bilang  “mas DI BIARKAN KELAPARAN” .Sumpah ini tuh yang bikin sebel sampe ke ubun2.Pernyataan itu tuh bikin 2 orang tersangka donk setidaknya pertama gw dan mbaknya.

Kalau GW yang dituduh gak kasih makan

1. padahal itu anak dirumah gak pernah tuh gw pergi kerja tanpa meninggalkan makanan,cemilan,dan buah2an dikulkas.Gw aja gk pernah teha ninggalin Mbaknya al dalam keadaan dirumah gak ada makanan yang dia makan walau dia selalu bilang “udah bunda gak usah mikirin makanan saya,dirumah ada telur ada mie,ada lauk2an dikulkas nanti saya buat sendiri juga bisa” apalagi gw meninggalkan anak kerja dalam keadaan gk ada makanan apa2 untuk mas al

2.Sebelum berangkat kerja gw selalu nyiapin makannya,karena gw gak mau mbaknya gak sempet buatin makanan anak gw krn saking susahnya atur waktu untuk buat makannya dan anak gw jd kelaparan

3.Klo al itu kurus bukan berarti gak dikasih makan tp karena mungkin nurunin dari gw bukan dari bapaknya.Emang ya orang kebanyakan masih berpedoman bahwa ANAK SEHAT = ANAK GEMUK…heyyy Anak sehat gak harus gendut kali,yang penting sehat jarang sakit2an dan pertumbuhannya sesuai dengan sebayanya itu anak sehat.

KLO Tersangkanya adalah MBAKnya

1.Gw 100persen gak percaya dan sedikitpun gak berpikiran klo mbaknya gak pernah kasih makan.Karena mbaknya itu keliatan koq klo sayang banget sama al jd masa iya dia nelantarin dan makanan juga udah disediain koq tinggal nyuapin

2.Misal al lagi gk mau makan yang udah gw masakkin,mbaknya selalu buatin al bubur atau berusaha buat apa keq yang penting al mau makan

3.Mbaknya rajin koq nawarin/nyuapin al makan

Kesel banget am yg komentar  mas al “DIBIARKAN KELAPARAN”.Harusnya liat langsung  keseharian di rumah gw baru boleh berkomentar.Dan klo pun dah pernah lihat langsung keseharian di rumah gw tp masih aj tega ngomentarin kaya gitu berarti dia gk mikir klo ngomong.

2. Kesel dengan pernyataan Orang yang bilang “udah she al gak usah dipantang2 kasih apa aj”.Hey anak gw itu alergi ya jd klo pun mau kasih harus liat2 bikin alergi gk,situ enak cm bisanya komentar gk merasakannya.

Klo pun anak gw gk alergi dan gw ikutin tuh sarannya kasih makanan sembarangan dan klo mas al sakit ,pasti orang itu jg gampang kasih komentar “Makanya anak tuh jgn dibiarin makanan sembarangan”.

Klo dibilang gw protect terhadap kasih makan al “Iya donk gw protect klo makanan itu gk Thoyib(baik) buat al”.Gw gk suka al makan makanan beli yang dijual,gw selalu mikir kebersihannya dll,sesekali boleh lah tp itupun harus ditmpt yang penjualnya bersih.Gw jg gk suka al minum minuman seperti AL*2 ,T*h g*las,fr*t*ng atau apalah itu karena gw sendiri aj gak suka bikin batuk lagian anak kecil minum itu kan gak bagus.Klo gw gk protect mas al nanti klo dia sakit gw juga yang repot dan disalahkan orang2 pastinya.

emang orang lain itu bisanya cm bikin RIBET dan bisanya cm komentar dan menyalahkan.

 

ALERGI mas al

Standar

Hari ini kurang lebih sudah 10hari dari test alerginya mas al di bio e.Selama 10 hari mas al mengurangi makanan berpotensi alergi dan menganti bahan apapun yang berpotensi membuat alerginya mas al kambuh.Dan hasilnya alhamdulillah mukanya mulus, tidurnya pules jarang bangun dan bangunnya jadi siang jam 1/2 7 biasanya jam 5 dah bangun xixi…

1. Kaporit

untuk minum dan mandi menggunakan air isi ulang

2. Sabun

Pakai sabun sebamed yang harganya lumayan mihil tp emang lbh lembut dari sabun bayi lainnya

3.Kedelai

Semua produk olahan kedelai agak dikurangi jadi gak bisa makan tahu kesukaan mas al sering2 paling dikasih seminggu sekali

4.Ayam

Masih belum dikasih ayam,nanti kapan2 mau kasih ayam kampung

5.Gurame

ikan nya sekarang gantinya mujair,lele,belut dan masih banyak lagi

6.Susu sapi

diganti dengan susu kambing,hari minggu tgl 24 agustus dikasih susu ULTRA mini (2kali) sama ayahnya dan malamnya balik lagi tidurnya rewel ampun deh bangun2 trus sambil garuk2.Produk olahan susu sapi dihindari misal keju,youghurt,yakult

7.Telur

Sama sekali dihindari tp tetep dikasih cemilan yang berbahan telur karena semua cemilan pasti ada telurnya tp paling telurnya gak banyak2 she

8.Kacang tanah

Dihindari,klo makan olahan kacang tanah mas al pupnya jadi sering dan agak encer.Pas mudik kemarin mas al suka banget makan lontong sate tp sehari pupnya jd encer dan sering padahal biasanya cm sehari sekali

9.Terigu

tetep ya saya kasih karena semua cemilan pasti berbahan dasar tepung.

10.MSG

diganti kaldu alsultan yg non MSG.

***Saya juga jual lho kaldu alsultan harga 18rb per 80gr minat hub pin bb 74F65EAD

11.Pisang

dikurangi

Klo ada orang/saudara atau siapa keq yang bilang “Udah seh ANAK GAK USAH DIPANTANG2 MAKANAN,udah kasih apa aj” gw cm mau jwb “BODO AMAT,anak2 gw klo gw ikutin omongan orang gw jg yang repot krn klo gak gw pantang mas al gatel2,harus beli cream dokter yang gw agak takut efek jangka panjangnya,mas al harus minum obat pereda gatelnya klo alerginya kumat dan tidurnya gk pules gw jg yg repot.

Test alergi di bio e

Standar

Tanggal 16 agustus 2014 mas al menjalankan test alergi di bio e harapan indah,sebelumnya udah daftar terlebih dahulu untuk menentukan jadwal test.Dapet jadwal test jam 10.30, yang agak kurang sreg dengan penerima tamu,masuk klinik langsung bertemu 2 orang tsb yang sedang sibuk mainan hp.Ketika masuk bukannya ditanya “ada yang bisa kami bantu?” Atau apalah kata2 untuk menerima tamu tapi malah sibuk aj gitu mainan hp sampai saya sendiri yang malah bilang mau test alergi,sambil jawab “a/n fathir?” tetep dengan posisi yang sama bukan menghadap ke tamu hanya menoleh aj tapi duduk nyamping dan sambil mainan hp.”ruangannya disana” sambil nunjuk tapi tetep mainan hp.Masuk ke ruangan dokter dengan dokter sita yang berbeda jauh dgn penerima tamu di depan,dokter sita ramah dan yang jelas baru kali ini mas al masuk ruangan dokter  bertemu dgn orang yang baru dikenal tanpa nangis biasanya dia akan nangis atau rewel.Langsung kita dipersilahkan duduk mas al dipangku bunda.Mas al hanya duduk dikasih mainan sambil dipangku bunda,lalu tangan kiri dokternya memegang alat yg menempelkan ke zat pemicu alerginya, tangan kanannya memegang dan mendekatkan pendulum ke kakinya mas al,pendulumnya bisa bergerak gerak kalau pendulumnya bergerak ke kanan kiri artinya mas al tdk alergi dan kalau bergerak ke atas ke bawah itu alergi.Banyak zat pemicu alerginya yang di test oleh dokter sita.

Beberapa hasil test yang akhirnya bikin bunda dan ayah bingung cari solusinya : alergi suhu panas dan suhu dingin,alergi keringat sendiri,alergi detergen,alergi sabun mandi,alergi susu sapi,kedelai,kaporit,beras putih dan beras merah.Diantara banyaknya hasil test alerginya mas al itulah yang agak susah ya cari solusinya.Ketika bunda tanya kira2 berapa kali mas al harus terapi dan dokter sita menjawab kira2 10 kali.Banyaknya terapi itu tergantung tubuhnya si pasien dan jumlah dari alerginya.Dokter sita yang cantik dan baik itu memberikan solusi lain jika sementara belum bisa melakukan terapi maka lbh baik menghindari sementara makanan pemicu alerginya tapi jika ada bahan makanan yang tidak bisa di hindari karena sudah menjadi makanan pokok seperti nasi ya tetep saja dikasih.Untuk susu sebenanya tidak dikasih ya gpp itu kata dokter sita,tapi bunda pikir karena mas al susah banget makan beratnya jadi susu akan tetap bunda kasih tapi tidak berlebihan kasihnya.Oke karena sekali terapi 250rb jadi kalau di kali 10 total 2.5jt jadi bunda dan ayah memilih untuk menghindari sementara pemicunya dan mengganti bahan makanan yang bisa di ganti misal mas al alergi ayam tp ayam kampung tdk alergi jadi diganti ayam kampung dan akan tetap mencoba memberikan makan pemicu alergi sedikit demi sedikit sambil lihat reaksinga sudah sembuh atau belum.

Hampir beberapa pemicu alergi yang dari awal sudah bunda curigai menjadi pemicu alerginya mas al dari hasil test tsb memang terbukti misal

1.alergi keringat sendiri

Kalau mas al keringetan dia akan keluar kaligata di perutnya setelah di lap atau dikipasin kaligatanya berangsur menghilang.

2.alergi kacang tanah

Selama di kampung mas al suka banget sate lontong tp semenjak makan itu BABnya jadi sering

3.alergi suhu panas dan dingin

Selama dikampung biarpun disana kalau siang juga panas tp tetep sejuk mas al alerginya berkurang kulitnya tdk terlalu kering dan kayanya inilah faktor pemicu terbesar karena setelah balik lagi ke bekasi kulitnya kering dan gatal lagi.

4.alergi susu sapi

Sebenernya ada susu hypoalergenic dari susu sapi juga tapi kandungan yang membuat anak alergi sudah dihilangkan dari susu tsb dan harganya mahal utk 400gram bisa 300rban.Daripada fokus membelikan susu yang sudah mahal dan belum tentu mas al suka dengan rasanya yang kata org2 susu ini cenderung pahit mending fokus untuk beliin makanannya mas al

5.alergi keju

Kalau mas al makan makanan yang ada kejunya pasti sekeliling bibirnya merah

6.kaporit

7.alergi ayam

Klo makan ayam, kulitnya bercak2 merah

8.beras merah

Kalau makan ini juga bercak merah

9.debu

Mas al bersin2 kalau ada debu bahkan sampai pilek2 keliatan banget waktu tetangga pada renovasi rumah,mas al jadi sering pilek tanpa demam.

Makanya kalau ada yg bilang bunda suka mantang2 makanan ke mas al dan kasih saran “udah kasih makan apa ajalah gak usah dipantang2″ mereka gak bener2 tau mas al karena mas al itu makan makanan yg bikin alergi maka mas al tidurnya rewel, bercak2 merah dan garuk2 terus.Kalau saja mas al itu seperti ayahnya yang utk makan makanan tdk alergian akan bunda kasih deh apa aj asalkan makanan itu bersih.Jadi berkaca dari pengalaman sendiri kalau ada org tua yang melarang atau tidak mengijinkan anaknya makan sesuatu jangan di berpikiran org tuanya terlalu protect terhadap makanan bisa saja itu karena org tuanya tau makanan tsb membuat anaknya tidak nyaman karena tidak mungkin org tua melakukan itu tanpa sebab.

Dan dari hasil alergi yang bikin takjub adalah mas al sdh tidak alergi udang dan cumi2 padahal awal ketauan mas al alergi di usia 3bln itu karena bunda makan udang dan cumi2 dan malah skrg mas al alergi gurame padahal untuk mengganti udang dan cumi2 selama ini bunda ganti ikan gurame ,mas al juga sudah tidak alergi coklat padahal dulu awal dikasih coklat sekeliling bibirnya merah2 dan gatal2.Jadi bisa ditarik kesimpulan bahwa alergi diusia bayi dan balita itu bisa sembuh sejalan dengan bertambahnya usia si anak. Dokter sita mempersilahkan bunda atau ayah bertanya mengenai alergi akhirnya bunda tanya salah satunya apakah alergi bisa membuat anak susah makan dan dokter sita jwb bisa,alergi juga bisa merubah perilaku anak,membuat anak kehilangan konsentrasi jadi alergi tidak hanya bisa keliatan secara fisik tapi secara psikologi anak jg bs.Sambil menjawab pertanyaan dan menjelaskan dokter sita memberikan contoh terapinya dan sekaligus membantu mengurangi gatalnya.Mas al hanya duduk dipangku lagi dan tubuhnya ditempelkan alat.Sambil test pun dokter sita suka tanya2 ke mas al,mas al pun jawab jadi mas al gak takut gak kaya dateng ke dokter lainnya.Setelah mendapatkan hasil testnya ayah bunda keluar menemui penerima tamu tadi dan membayar biaya test alerginya sejumlah 350rb,setelah minta kwitansi kita pulang sampai di rumah baru sadar kalo keterangan di kwitansinya itu untuk pembayaran test alergi a/n “Sabrina” hadeuuh tuh mbak2 bikin esmosi masa a/n sabrina bukannya fathir.

Berikut hasil test alerginya mas al.Makanan yang sementara akan dieliminasi dari makananny mas al dan akan dicobakan lagi beberapa bulan nanti secara bertahap : keju,kacang tanah,kacang kedelai,telur ayam,telur bebek,telur puyuh,daging ayam,ikan teri,all kacang.Untuk nasi putih masih akan tetep dikasih,susu sapi lagi cari alternatif ke susu kambing mudah2an cocok.Semenjak pulang dari test alergi air untuk mandinya mas al dan minum sudah diganti jadi air isi ulang.Sabunnya ganti sabun bayi sebamed sesuai anjuran dokter sita.Suhu Ac dibuat sejuk jadi mas al gak kepanasan gak kedinginan.

image

ASI

Standar

Alloh ‘azza wa jalla berfirman :

يُوصِيكُمُ اللَّهُ فِي أَوْلَادِكُمْ

Alloh mewasiatkan kepada kalian tentang anak-anak kalian” [QS. an-Nisa' : 11]

PERINTAH BAGI PARA IBU UNTUK MENYUSUI ANAKNYA

Alloh ‘azza wa jalla berfirman :

وَالْوَالِدَاتُ يُرْضِعْنَ أَوْلَادَهُنَّ حَوْلَيْنِ كَامِلَيْنِ لِمَنْ أَرَادَ أَنْ يُتِمَّ الرَّضَاعَةَ وَعَلَى الْمَوْلُودِ لَهُ رِزْقُهُنَّ وَكِسْوَتُهُنَّ بِالْمَعْرُوفِ لَا تُكَلَّفُ نَفْسٌ إِلَّا وُسْعَهَا لَا تُضَارَّ وَالِدَةٌ بِوَلَدِهَا وَلَا مَوْلُودٌ لَهُ بِوَلَدِهِ وَعَلَى الْوَارِثِ مِثْلُ ذَلِكَ فَإِنْ أَرَادَا فِصَالًا عَنْ تَرَاضٍ مِنْهُمَا وَتَشَاوُرٍ فَلَا جُنَاحَ عَلَيْهِمَا وَإِنْ أَرَدْتُمْ أَنْ تَسْتَرْضِعُوا أَوْلَادَكُمْ فَلَا جُنَاحَ عَلَيْكُمْ إِذَا سَلَّمْتُمْ مَا آَتَيْتُمْ بِالْمَعْرُوفِ وَاتَّقُوا اللَّهَ وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ بِمَا تَعْمَلُونَ بَصِيرٌ

“Para ibu hendaklah menyusukan anak-anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan. Dan kewajiban ayah memberi makan dan pakaian kepada para ibu dengan cara ma’ruf. Seseorang tidak dibebani melainkan menurut kadar kesanggupannya. Janganlah seorang ibu menderita kesengsaraan karena anaknya dan seorang ayah karena anaknya, dan warispun berkewajiban demikian. Apabila keduanya ingin menyapih (sebelum dua tahun) dengan kerelaan keduanya dan permusyawaratan, maka tidak ada dosa atas keduanya. Dan jika kamu ingin anakmu disusukan oleh orang lain, maka tidak ada dosa bagimu apabila kamu memberikan pembayaran menurut yang patut. Bertakwalah kamu kepada Allah dan ketahuilah bahwa Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan.” [QS al-Baqoroh : 233]

PEMBERIAN ASI SECARA SEMPURNA SAMPAI DISAPIH MERUPAKAN JASA KEDUA ORANG TUA

Alloh ta’ala berfirman :

وَوَصَّيْنَا الْإِنْسَانَ بِوَالِدَيْهِ حَمَلَتْهُ أُمُّهُ وَهْنًا عَلَى وَهْنٍ وَفِصَالُهُ فِي عَامَيْنِ أَنِ اشْكُرْ لِي وَلِوَالِدَيْكَ إِلَيَّ الْمَصِيرُ

“Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada kedua orang tuanya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, danmenyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepadaKu dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu.“ [QS Luqman : 14]

وَوَصَّيْنَا الْإِنْسَانَ بِوَالِدَيْهِ إِحْسَانًا حَمَلَتْهُ أُمُّهُ كُرْهًا وَوَضَعَتْهُ كُرْهًا وَحَمْلُهُ وَفِصَالُهُ ثَلَاثُونَ شَهْرًا حَتَّى إِذَا بَلَغَ أَشُدَّهُ وَبَلَغَ أَرْبَعِينَ سَنَةً قَالَ رَبِّ أَوْزِعْنِي أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِي أَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلَى وَالِدَيَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضَاهُ وَأَصْلِحْ لِي فِي ذُرِّيَّتِي إِنِّي تُبْتُ إِلَيْكَ وَإِنِّي مِنَ الْمُسْلِمِينَ

“Kami perintahkan kepada manusia supaya berbuat baik kepada dua orang ibu bapaknya, ibunya mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Mengandungnya sampai menyapihnya adalah tiga puluh bulan, sehingga apabila dia telah dewasa dan umurnya sampai empat puluh tahun ia berdoa: “Wahai Robb-ku, tunjukilah aku untuk mensyukuri nikmat Engkau yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku dan supaya aku dapat berbuat amal yang saleh yang Engkau ridhai; berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertaubat kepada Engkau dan sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri”.” [QS al-Ahqof : 15]

Faidah :

Al-Hafidz Ibnu Katsir berkata dalam tafsirnya (7/280): “Dan ‘Ali rodhiyallohu anhu telah berdalil dengan ayat ini bersama ayat dalam surat Luqman :

وَفِصَالُهُ فِي عَامَيْنِ

“…dan menyapihnya dalam dua tahun…” [QS luqman : 14]

Dan juga firman Alloh :

وَالْوَالِدَاتُ يُرْضِعْنَ أَوْلادَهُنَّ حَوْلَيْنِ كَامِلَيْنِ لِمَنْ أَرَادَ أَنْ يُتِمَّ الرَّضَاعَةَ

“Para ibu hendaklah menyusukan anak-anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan” [QS al-Baqoroh : 233]

Bahwa lama kehamilan minimal adalah 6 bulan, dan ini adalah istimbathyang kuat dan shohih. Dan ‘Utsman dan sekelompok shohabat menyepakati pendapatnya tersebut, radhiyallohu anhum–selesai nukilan dari Ibnu Katsir-

Dan al-Hafidz Ibnu Katsir juga membawakan tafsir ayat ini dari Ibnu ‘Abbasrodhiyallohu anhuma dari riwayat Ibnu Abi Hatim. Beliau berkata (7/280): Berkata Ibnu Abi Hatim:
Haddatsana Ayahku (Abu Hatim, pent), Haddatsana Farwah bin Abil Maghro’, haddatsana Ali bin Mishar, dari Dawud bin Abi hind, dari Ikrimah, dari Ibnu Abbas, ia berkata : “Jika seorang wanita melahirkan pada usia kehamilan 9 bulan, maka cukup bagi anaknya menyusu selama 21 bulan. Jika ia melahirkan pada usia kehamilan 7 bulan, maka cukup bagi anaknya menyusu selama 23 bulan. Dan jika ia melahirkan pada usia kehamilan 6 bulan, maka 2 tahun penuh. Karena Alloh ta’alaberfirman :

وَحَمْلُهُ وَفِصَالُهُ ثَلاثُونَ شَهْرًا

“Dan mengandungnya sampai menyapihnya adalah tiga puluh bulan.” [QS. Al-Ahqof : 15] –selesai nukilan dari Ibnu Katsir-

sumber : http://ummushofi.wordpress.com/2010/03/14/air-susu-ibu-asi-dan-keutamaannya-dalam-al-quran-dan-as-sunnah/

Itu tadi bahasan mengenai ASI menurut AL quran.Apa yang tertulis di al quran pasti benar lah adanya, “Menyusui sampai 2 tahun”, 

 

Benarkah Kualitas Air Susu Ibu Berkurang Setelah 2 Tahun?

dreamstime xs 18723941 Benarkah Kualitas Air Susu Ibu Berkurang Setelah 2 Tahun?

Banyak di antara kita yang beranggapan bahwa kualitas air susu ibu (ASI) sudah menurun setelah menyusui lebih dari 2 tahun, bahkan 1 tahun. Anggapan ini membuat sebagian ibu ragu untuk terus menyusui dan cepat-cepat menyapih anaknya.

Benarkah anggapan tersebut? Kapankah sebaiknya kita menyapih anak? Untuk menjawab rasa ingin tahu kita semua, kali ini kami mengumpulkan berbagai informasi tentang kualitas air susu ibu yang menyusui setelah 2 tahun.

Fakta ini didapatkan berdasarkan penelitian-penelitian yang dilakukan para ahli, yang dirangkum pada kellymom,.com serta beberapa situs menyusui lainnya. Fakta baik tentang menyusui jangka panjang adalah sebagai berikut:

1. Air susu ibu yang menyusui lebih dari 1 tahun mengandung lemak susu dan energi yang lebih banyak daripada ibu yang menyusui dalam waktu lebih singkat (Mandel 2005). Sesuai dengan surat [QS al-Baqoroh : 233] “Para ibu hendaklah menyusukan anak-anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan”

2. Pada penelitian terhadap 250 balita di Kenya, rata-rata mereka mendapatkan 32% dari kebutuhan energinya dari air susu ibu.

Selanjutnya, jangan terkejut dengan kandungan nutrisi pada air susu ibu pada tahun ke-2 :

3. Bila ibu menyusui terus, pada saat bayi berusia 13 hingga 23 bulan, kandungan nutrisi dari 448 mL air susu ibu (ASI) adalah:

  • 29% dari kebutuhan energi dalam sehari
  • 43% dari kebutuhan protein dalam sehari
  • 36% dari kebutuhan kalsium dalam sehari
  • 75% dari kebutuhan vitamin A dalam sehari
  • 76% dari kebutuhan folat dalam sehari
  • 94% dari kebutuhan vitamin B12 dalam sehari
  • 60% dari kebutuhan C dalam sehari (Dewey 2001)

4. Kandungan faktor imun yang terdapat dalam air susu ibu meningkat secara signifikan pada tahun kedua dan juga pada saat anak disapih. Itulah sebabnya anak yang menyusu lebih lama memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih baik.

5. Dalam hal kecerdasan, anak yang menyusu lebih lama memiliki IQ dan nilai yang lebih tinggi di sekolah.

6. Elizabeth N. Baldwin mengatakan, anak yang menemukan indipendensi (kemandirian)nya sendiri akan lebih indipenden dibandingkan dengan anak yang dipaksa melakukannya.

Maksudnya, tunggulah hingga anak siap disapih dan jangan memaksanya bila ia belum siap. Anak yang siap disapih akan menemukan kemandiriannya sendiri seiring dengan waktu, dan hasilnya, justru lebih mandiri daripada anak yang disapih secara paksa.

Setelah mengetahui fakta-fakta tersebut di atas, ibu tentu kembali semangat menyusui bukan?

- See more at: http://id.theasianparent.com/benarkah-kualitas-air-susu-ibu-berkurang-setelah-2-tahun/3/#sthash.xbkqtL7n.dpuf

sumber : http://id.theasianparent.com/benarkah-kualitas-air-susu-ibu-berkurang-setelah-2-tahun/

 

Karena kandungan asi di tahun ke 2 tidak kalah penting di tahun 1, dan di al quran juga tertulis “menyusui sampai 2 tahun” jadi saya insya allah juga akan memberikan asi ke mas al sampai 2 tahun, jadi kurang lebih 3.5bulan lagi.Walaupun asinya sekarang sudah tidak sebanyak di tahun pertama,yang terpenting sebagai ibu telah memberikan yang terbaik untuk anak.

klappertart hanna

Standar

27mei 2014 kebetulan hari libur,pagi2 dah bangunin ayahnya untuk cari kelapa karena udah lama banget pengen nyoba klappertart tp belum juga kedurutan.Alhamdulillah tukang kelapanya udah ada yang buka,beli 2 kelapa minta air dan daging kelapanya dipisah.Dan akhirnya tercapai juga bikin klappertart,dibuat dalam dua versi unbake dan bake dengan resep yang sama.Anak lanang dan ayahnya pun doyan banget.

versi unbake
10371489_252213304970222_5582820905848825327_n

10389986_252214158303470_3376283482571829130_n

10409532_252214031636816_879030345065785057_n

 

versi bake

 

10269451_252214488303437_8782520907866387644_n

10358738_252214271636792_7540520761501187873_n

10383011_252214364970116_2125613613242794193_n

 

 

ribet she tapi puas

Standar

Semenjak menikah saya lebih suka membuatnya sendiri daripada harus beli2.Suka liat di Reportase trans tv ada pedagang yang curang supaya makanan yg dijual bisa dengan modal dikit tp hasilnya bisa sama dengan yg modalnya banyak karena bahan baku yang mahal.Duh gak pengen deh makan makanan yang meracuni diri sendiri dan keluarga.Tapi bukan berarti gak pernah beli ya,sesekali saya beli kalau lagi pengen dan malasnya muncul.Sampai ada temen saya yang bilang “mungkin klo beras bisa nanem sendiri,lo bakal nanem tuh beras sendiri kali ya,lis” ha2x…gak gt jg keles..Memasak emang hobi saya semenjak mama meninggal awalnya harus terpaksa menggantikan posisi mama sebagai chef di rumah tapi lama2 saya suka banget.Dari semua pekerjaan rumah yang paling saya suka y cm memasak tp bukan menggoreng ikan.Paling sebel klo goreng ikan karena faktor keberhasilanny cm 30 persen selebihnya gosong dan lengket di pan.Pekerjaan rumah lainnya saya kerjakan dengan setengah hati alias malas2an apalagi klo nyapu dan ngepel pasti alm mama selalu bilang “gak bersih” ha2x.Alhamdulillah setelah menikah punya suami yang bisa melengkapi kemalasan saya xixi.Suami saya paling rajin bersih2 rumah,nyapu dan ngepel.Klo lagi libur itu rumah bisa di pel dan di sapunya berkali.Anak lanang pun biarpun masih kecil paling suka ngikutin ayahnya bersih2.Allah memang menjodohkan umatnya utk menutupi pasangannya masing.Dan si suami pun pny hobi makan.Coba kalau saya pny hobi makan tapi gak ada yg makan bisa2 cm mubajir.Dan si anak lanang jg biarpun badannya kecil tp hobinya ngemil.Saya orang yang suka sekali browsing resep,saya kumpulka ,coba,pasang di profile bb atau fb atau instagram dan biasanya ada beberapa yang nanya “dijual gak” ha2x..kesempatan tdk dtg 2 kali.Klo saya dan org serumah bilang rasanya enak pasti akan sy jawab “iya” dan terima orderan.