resep klepon ncc

Standar

klepon adalah salah satu makanan kesukaan gw, dan nemu resep klepon NCC tergiur untuk bikinnya xixi…berikut resepnya

Bahan:
250 gr tepung ketan
50 gr tepung beras
2 sdt air kapur sirih
100 cc air daun suji (tapi gw pake 200cc air daun suji yang ditambahkan setetes pewarna makanan rasa pandan, karena klo pake air daun suji aja warna hijaunya kurang banget)
100 gr gula merah sisir

taburan:
kelapa parut segar kukus beri sedikit garam

air untuk merebus

Cara membuat:

1. Campur tepung beras ketan dan tepung beras putih, aduk rata. Sisihkan.
2. Campur air daun suji dan air kapur sirih
3. Tuangi tepung dengan campuran air daun suji, aduk dan uleni hingga menjadi adonan yang liat. Ambil sedikit adonan, pipihkan, beri sedikit gula merah, rapatkan dan bentuk bulat menyerupai bola.
4. Masak air hingga mendidih, celupkan bola-bola kelepon, biarkan hingga matang dan mengapung.
5. Angkat, langsung gulingkan dalam kelapa parut yang sudah dibubuhi garam.
Tips dari pengalaman
1. Kukus kelapa parut yang sudah dibubuhi garam sebaiknya sebelum bola2 klepon di rebus, kemaren tuh kelapa nya belum dikukus dan kleponnya udah direbus semua trus bola2 klepon yang dah direbus di taro di mangkok yang ada malah lengket satu sama lain, dan akhirnya di cemplungin lagi deh ke air panas biar gk pada nempel satu sama yg lainnya.(Akibat gk nyimak resep)
2. klo udah diangkat bola2 kleponnya langsung dimasukkan ke kelapa parut yang udah dikukus biar gk lengket 1 sama yg lainnya
3. Rasanya enak tp sayang kurang gula merahnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s