Kontrol kehamilan 29 minggu

Standar

*2 agustus 2012

ke dokter penyakit dalam, karena gw menderita DMG (Diabetes militus gestasional) hal ini dikarenakan faktor kehamilan ditunjang faktor keturunan jd mempermudah deh tuh gw menderita DMG.Karena dirujuk ke dokter gizi jg gula darah cm turun 41 saja, akhrinya dokter yudianto merujuk ke dokter penyakit dalam. Sebenernya dari bln kemaren udah daftar neh dokter tiap hari sabtu,tp neh dokter selalu aja ada halangan jadilah baru kontrol pas tgl 2 agustus kemarin.Pulang kerja langsung ketemu dokter sally, dokter tny2 riwayat ada keturunan atau tidak, trus tny jg gejala diabetes seperti sering kesemutan,cpet capek,kaki bengkak dll tp gw gk merasakan gejala2 itu.Dan si dokter menyimpulkan untuk sementara gw menderita DMG dan setelah melahirkan nanti suruh cek gula darah lg apakah memang menderita diabetes. Dokter menyarankan untuk suntik insulin 4ml sehari sekali sebelum makan pagi/ makan siang karena cara itulah cara aman untuk bumil,sebelumnya dicoba diet karbo berhasil tp gk signifikan jd suntik insulin lah satu2nya jalan.Denger akan disuntik sebelum makan pagi,gw langsung tny bagaimana puasa gw apakah suntik insulinya boleh sebelum sahur.Dan si dokter bilang ‘jgn puasa dulu ya,bayar fidyah aja’ karena beliau takut gula darah gw tiba2 turun dan gw drop.Denger jgn puasa dulu bikin agak sedikit gk terima karena gw kan pengen puasa full 30 hari tp apa boleh buat, okey lah ikutin aja.Si dokter sally merujuk ke bagian IGD pagi hari/siang hari sebelum makan pagi atau sebel um makan siang untuk diajari suntik insulin yang benar.

*4 agustus 2012 jm 08.00

sebelum suami berangkat ke kantor dianter suami ke dokter IGD jam 8 pagi, disana diajarin cara suntik insulin yang benar.Dan dilakukan disekitar pusar,suami gk tega untuk nyuntikin insulin akhirnya gw lah yang akan nyuntik insulin tiap hari selama kurleb 2bln kedepan sampai si dede lahir.Suntik insulin gk sakit koq jarumnya kecil banget.

*4 agustus 2012 jam 17.00

Dateng lagi ke rmh sakit hermina kali ini untuk kontrol kandungan,jam 1/2 5 sore pas lg dijalan no rmh sakit hermina kayanya nelp gw.Setelah sampai rmh sakit hermina,poli eksekutif yang biasa dokter yudianto praktek sepi bner gk ada siapa2.BB gw 50.43 naik 5kilo dari sebelum hamil, tensi darah 110/70 normal.Pas selese nimbang dan tensi darah, gw nelp csnya hermina tny kenapa td nelp dan ternyata cm mau ksh tw klo dokter yudianto sdh datang dan gw suruh cpet datang. Kayanya pasiennya lg pada dateng pas hbs maghrib deh cz biasanya pasien udah pada dtg eh si dokter dtgnya telat krn ada di ruang bersalin. Berhubung pasiennya cm gw doank,akhirnya gw lah yang masuk pertama kali karena gk ada saingan. Pas kontrol berat si dede 1.250, si dede lg pengen kasih unjuk mukanya. Bentuk mukanya bulet dengan pipi chubby (yah gw yang hamil kenapa mukanya mirip ayahnya semuanya,gk ada yang mirip2 gw dikitpun gk rela gt xixi ). Gpp ya nak yg penting sehat. Dokter yudianto menjelaskan klo dia pengen gw tuh terhindar dan sembuh dr diabetes dr hamil dan setelah melahirkan sampai bs liat cucu. Selama hamil ini kan sudah ditanganganin dokter penyakit dalam jadi dokter yudi sudah tenang untuk pertumbuhan janin Nah untuk setelah melahirkan 6bln dia nyuruh  periksa gula darah jd klo ketauan sejak dini bener2 bisa diatasi.Karena dengan riwayat nyokap yang terkena diabetes ketika usian 30an,usia yang cukup muda dan meninggal diusia 47 tahun. Diprediksi dokter bahwa nyokap udah terkena dari usia kira2 kisaran gw sekarang. Dokter yudianto bicara seperti itu karena nyokapnya meninggal diusia muda juga 49thn dan pastinya merasakan hal yang sama kaya gw, nyokapnya gk bs liat cucu2nya. Vitamin yang diberikan folamil dan elkana. Agak kaget pas nebus obat koq folamil bkn folamil genio karena bln kmren folamil genio. Akhirnya si apoteker nelp dr yudi,dan katanya emang itu resepnya. Folamil genio sudah mengandung DHA sedangkan folamil gk ada DHAnya, tp karena di ksh resepnya begitu y sudah diterima.Mungkin si dokter mau gw dpt DHA dari makanan alami seperti ikan2an.Dan setelah baca2 juga DHA yang diminum ibu ketika hamil efek ke bayinya jg blm terbukti.

Tinggalkan Balasan

