Wajik

Standar

Pengen makan wajik tapi kalau beli takutnya pakai gula yang dioplos sama pemanis buatan,dan mas al pasti minta jadi mending buat sendiri.Kebetulan punya stok gula merah yang bagus dari mertua.Dulu almarhum mama suka bikin wajik ini,dulu cuma bisanya makan.Sekarang harus bisa juga bikin😀.Resepnya browsing2 di internet dari keluarga nugraha.Di resep yang saya dpt tsb ketan yang dipakai 500gr karena beli 1 liter pas sampe rumah ditimbang cuma 650gr jadi mending saya buat aj semuanya.Dan semua bahan saya sesuaikan
Mas al suka banget wajik,wajiknya baru diaduk2 di penggorengan belum sampai kering aj udah nangis minta.Wajik cuma bs tahan 2 hari aj
1002375_784319491595350_1032973911_n 1926898_784319291595370_331439511_n

Resep:
1liter ketan
300gr gula merah (klo gk suka manis bs dikurangin,masukkin gulanya jgn langsung semua dicicip aj klo dirasa sudah manis stop)
50gr gula putih
500ml santan
4lembar daun pandan
1/2sdt garam

cara :
1. Ketan di cuci bersih lalu rendam selama kurleb 2jam
2. bersihkan lagi ketan lalu kukus ketan dengan 2 lembar daun pandan sampai setengah matang
3.didihkan santan, gula merah,gula putih,daun pandan dan garam aduk terus hingga mendidih
4.masukkan ketan yang sudah dikukus dengan api kecil takut gosong sambil terus diaduk
5.aduk hingga ketan kering (awalnya ngaduk sendiri tapi pas udah mulai santannya agak kering ternyata pegel juga ngaduknya,akhirnya di serahkan ke si mbak utk ngaduknya).Matikan api
6. bentuk
5.di bentuk

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s