28bulan

Standar

sempet muntah2 dan diare tanpa demam selama seminggu karena mungkin kembung disebabkan cuaca yang hujan terus atau kebanyakan minum jus alpukat atau alergi SKM yang ada di buttercream.Sebelum sakit mas al lagi nafsu makan tiba2 pas muntah2 dan diare jadi kaya anak trauma makan karena takut muntah.Gejala muntah di hari minggu tgl 25jan,hari seninnya membaik setelah minum jus apel malam selasa,selasa pagi BAB kata mbaknya udah gak cair dan gak muntah.Sorenya minum jus alpukat dan akhirnya muntah2 dan diare lagi.Jadi bunda bawa ke dokter di hari selasa malam,ayahnya belum pulang akhirnya bunda minta tolong ke tetangga untuk anterin,cari dokter anak malem2 jam 20.00 di RS sayang bunda dokter flo gak praktek,ke dokter tommy ternyata udah selesai prakteknya.Bunda putuskan besok pagi aja ke dokternya,dan bunda minta anterin ke apotik untuk beli obat mual kebetulan di apotik itu ada dokter umum yang lagi praktek.Akhirnya bunda ajak mas al berobat ke dokter tsb.Dan dari penjelasan dokter setelah bunda ceritakan kronologisnya ternyata tidak boleh terlalu sering memberi jus alpukat untuk anak2 harus di mix gonta ganti jusnya.Dan selama ini mas al paling hobi dengan jus alpukat.ALhamdulillah tgl 1 feb mas al udah pulih ,udah gak diare dan muntah.

4feb 2015 nafsu makannya pulih lagi dan lagi suka2nya makan nasi uduk.2hari berturut-turut minta beliin nasi uduk untuk sarapan. **pagi hari pas bunda habis mandi,mas al ikutin bunda ke kamar

mas al : (tiba2 ambil handuk bunda terus dibawa keluar kamar nyamperin mbaknya yg lagi nyapu di depan)

mas al : mbak,ini anduk bunda di cuci ya…(masuk lagi ke kamar bunda)

mas al : unda,anduknya cuci dulu ya,anan diambil (bunda handuknya cuci dulu ya,jangan diambil) bunda :ketawa liat kelakuan anaknya yg cerdas “iya mas al makasih ya”

mas al : iya cama2 ***Hobinya jalan2 keliling komplek naik sepeda didorong2 mbaknya.Kalau mbaknya ngerayu mas al pulang mbak : dek kita pulang yuk,mbak cape mas al :ndak nau,nanti puang dede acih inyak ijet2in kaki mbak (gak mau,nanti klo pulang dede kasih minyak,pijet2in kakinya mbak)

5feb mas al seperti biasa bangun paling duluan diantara Ay-bun..”unda ayo banun dah agi macak sana” .(bunda bangun dah pagi ,masak sana) sore pas bunda pulang kebetulan angkotnya cepet jadi jam 6 dah sampe rumah dede syfa tiba2 jalan ke arah mas al yg diri di depan pagar karena bukain pager bunda

mas al : anan acuk ya,aq mau coat dulu (jgn masuk ya,aq mau solat dulu)

6 feb 2015 pas bunda lagi masak di dapur,tiba2 dia ke kamar mandi sendiri

bunda : hey mau ngapain itu

mas al :diri aj di depan pintu kamar mandi,gak lama kemudian dia buka celana sendiri dan pipis sendiri .. ahh pinternya udah bisa pipis sendiri,tapi ya kadang masih juga ngompol she 10 feb 2015 lagi digantiin baju tidur tiba2 lari keluar sambil megang pampers nyariin ayahnya yg lagi cuci motor,karena takut kepleset jadi bunda ikutin

mas al : unda acuk aj bobo cana (bunda masuk aja bobo sana)..**ngomel2 karena bunda ikutin dari belakang

mas al : ayah,ini papesnya balu ya,beli ana ? (ayah ini pampersnya baru ya,beli dimana)

ayah : indomaret ternyata mas al mau tanya ayahnya… lagi seneng2nya kerjain apa2 sendiri gak mau dibantuin pipis maunya sendiri,bawa mangkok makanan maunya sendiri,makan maunya sendiri (kadang2 tp klo lagi gk mau makan sendiri ya terpaksa disuapin daripada gak makan jadi suka2 dialah)

11 feb 2014 bangun tidur nangis sambil ngoceh2 ‘iat ikan gede’ (mungkin mas al ngimpi) akhirnya diajak mbaknya liat ikan gak tau dimana.Pulang2 mbaknya cerita tadi mas al dikasih pisang goreng sama bapak2 di deket aquarium yang mas al liat ikan. bunda : de,dari mana? mas al : iat itan ede (liat ikan gede) bunda : dimana? mas al :di cana sambil jarinya nunjuk2 (disana) bunda : dikasih apa? mas al : picang iyeng (pisang goreng) bunda : sama bapak2 atau ibu2? mas al : bapak2,bapak2 na mau keja (bapak2nya mau berangkat kerja) bunda : dede bilang apa? mas al : acih pak (makasih pak) mas al udah pinter jawab sesuai dengan kejadian yang terjadi.. 12 feb mas al : unda,mau ndak? **sambil nyodorin susu ultra bunda : gk ah tapi karena mas al maksa akhirnya bunda minum juga dikit.selesai nyedot susu tiba2 mas al bilang mas al : tuh kan, mau kan **sambil senyum2 bunda : **cuma bisa ketawa liat anaknya lucu banget —tiba2 susunya jatuh mas al : unda tisu ana? bunda : kenapa mas al : susu umpah (susu tumpah) bunda kasih tisu,trus mas al ngelap sambil ngoceh2 mas al :unda awas icin ya nanti atuh bunda : ketawa lagi,karena biasanya nasihat itu tuh bunda/mbaknya atau ayahnya yang suka nasihatin mas al klo lantai lagi licin takut mas al jatuh susu ultranya pun habis,mas al tiba2 nyamperin bunda mas al :unda,susunya habis bsok beli lagi ya

18feb 2015 ayahnya pulang cepet,dan gak lama ayahnya pulang temen ayahnya ada dua orang main.Mas al ditnya temen ayah : namanya siapa? mas al        : atil a’ao aman (fathir alvaro rachman) temen ayah : udah sekolah belum?

mas al        : udah

temen ayah : kelas berapa?

mas al        : dua

19 feb 2015 Mas al ikut ayah bunda anter kue..Anaknya temen bunda ada dua dan dua2nya pemalu..Mas al ditanya mau jwb,pas mau pulang mas al mau salim am anaknya temen bunda tapi si anak itu gak mau diajak salim malah ngumpetin tangannya padahal mas al udah ngajak salim..Mas al ngomong sama bunda ‘dia na ndak mau calim bunda” xixi…

1 maret 2015

mas al : bunda minta susu embek

bunda : ntr ya kalau udah mau bobo,dede kan habis makan ntr muntah

mas al : aku mau bobo neh (sambil mata2ny pura merem dan nyanyi lagu nina bobo)

ada2 aja neh anak,semakin pinter ngelesnya

mbaknya cerita sekarang kalau mbaknya mau nyuci am mas al gk boleh,dia nangis2 mbaknya suruh duduk aj jadi mbaknya nyucinya malem deh

bunda : dede kenapa koq mbaknya gak boleh nyuci?

mas al : nanti capek,atit

bunda : trus kalau mbaknya gak boleh nyuci yang nyuci siapa donk?

mas al : aku aj bunda

bunda : emang bisa?

mas al : bisa

Pas sorenya mas al mau diajak2 jalan2 sama ayahnya.Bunda gk ikut krn sibuk bikinin roti mas al

mas al : mbak aq mau jalan2 y am ayah

mbaknya : iya

mas al : mbak ndak ucah ikut ya, di umah aj ya,nyuci..

mbaknya : iya mas al

mas al Pulang jalan2, mbaknya udah nyuci dan lagi ngepel.

mas al : wah mbak agi ngepel iya?

mbaknya : iya,mbak jg dah selese nyuci

bunda : de,yg nyuci baju tadi siapa ?

mas al : aq bunda,

bunda: bukan mbak ?

mas al : ndak,mbak capek

ha2x… lagi2 ngeles

27 Bulan

Standar

1. semakin ngerti klo bundanya buat kue dia mau di kelonin sama ayah atau mbaknya.Malah klo dikelonin bundanya malah lama tidurnya.Klo am ayahnya atau mbaknya malah cepet.Malah sekarang mas al klo bunda gk bikin kue mas al minta bobo am ayah aj,bunda bikin kue aj

2. dah pinter cerita.Klo bunda pulang kerja bunda selalu tanya mas al jalan2 gak.nah suatu waktu mungkin diajak mbaknya jalan2 ke marakas beli baju mbaknya nah pas bunda tanya. bunda : mas al tadi jalan2 gak mas al: jalan2 am mbak,am mama dede cipa am dede cipa bunda: kemana? mas al:ke sana, beli baju mbak am sepatu dede cipa

3.ditinggal pulang kampung sama ayahnya.klo ada Tetangga pada nanya mas al. tetangga : fathir ayahnya ke mana? mas al    : uang ampung (pulang kampung), gokkin dede bayi (nengokin dede bayi) tetangga :koq fathir gk ikut? fathir : ndak umah aja (gak dirumah aja) tapi kalau pas masuk rumah dia yg cerewet nanyain ayah kmana?

4.11-01-2015 .mas al minta jus ,akhirnya diajak sama ayahnya ke indomaret.Pas di indomaret tukang jusnya tutup,akhirnya dia minta es krim.Eh es krim udah dpt,pas keluar dari indomaret dia bilang sama ayahnya “yah,jus disitu tutup kita beli jus disana aj yuk” ha2x.. pinter banget udah dpt es krim dia minta jus ditempat lain

5.19-01-2015 : udah pakai baju tidur,dah pakai clodi.Tiba2 mas al bilang sama ayahnya mas al : yah,mau pipis ayah  : pipis disitu aja kan pake pampers mas al : klo pipis di papes namanya ngompol ayah : ketawa dan akhirnya nganterin mas al deh ke wc

6.tetangga :fathir,bunda bikin kue gak?mana kuenya mas al : unda ndak bikin kue,unda keja

7.mbak :dede itu minum jus apa? mas al : jus apel mbak :koq tumben gk beli jus alpukat mas al:apukatna beyum ateng (pas kebetulan mau beli jus alpukat tp jus alpukatnya belum mateng,sampai rumah ditny mbaknya pun dia pinter jawabnya)

8.klo bunda pulang kerja mas al udah pinter cerita,apa aja diceritain

9.tgl 21-01-2014 ayahnya pulang mas al belum tidur,pas ayah pulang mas al tanya “ayah kebab ana” (ayah kebab mana) ? ayah : gak beli,abangnya gak jualan mas al : *gak nangis sama sekali,tapi tiba2 dia berakting dikasih kebab sama ayahnya dan dia pura2 makan kebab sambil bilang “hmm enak”…ha2x…ngeliat mas al kaya gitu lucu tp kasian juga.Akhirnya besok malamnya ayahnya pulang beliin mas al kebab,dan ternyata mas al bosen dan gak mau makan sama sekali. bunda :neh mas al kebabnya mas al :makan dikit “ndak ,kasih ayah aj” tiba2 dia pergi ke dapur nyamperin mbak yg lagi bersihin kamar mandi mas al :mbak abe ayah ana ? mbak : hape? mas al :bukan mbak :ember? mas al :bukan tiba2 dia pergi ke arah tempat saus…Sausnya dibawa dan kasih ke ayahnya ternyata dia nanyain “cabe”(mas al pikir cabe=saus).Karena ayahnya kalau makan kebab sukanya pakai saus.. Mas al emang cerdas,gak bisa diem,peniru ulung dan daya ingatnya tajam..ah peyuk2 mas al jd tambah cinta deh sama mas al

26bulan mas al

Standar

1. makin pinter nanya yg dia gk tau “itu apa ayah?”,”ayah ana?” (ayah mana?),Tp klo dikasih tau sekali dia akan inget trus.

2.kalau bunda lagi nonton sinetron kesukaan bunda JILBAB in Love dana ada mas al itu jadi ramean celotehnya mas al dibanding sinetronnya sendiri.Klo misal pemain sinetronnya nangis mas al langsung cerewet “anan angis anti muntah lho” (jangan nangis nanti muntah lho,lha pemain sinetron disamain sama dia yang klo lagi nangis kejer banget kadang suka muntah).Atau kalau pemain sinetronnya tidur dia akan cerewet “anun donk bobo tlus she” (bangun donk bobo trus she)…Jadi gk kedengeran deh tuh pemain sinetronnya ngomong apa.Karena sepanjang sinetron berjalan dia ngoceh trus

3.Minum susu semakin banyak

4.dan seminggu dari tgl 1 des-5des gak mau makan nasi.Maunya makan bubur.kalau ditanya “mas al kenapa gk mau makan nasi?kenapa maunya makan bubur?” jawabannya “atu agi males” (aku lagi males)

5.tgl 5 des hujan deres banget dirumah,Petirnya juga serem banget.Mbaknya cerita klo mas al am mbaknya lg tidur2an di kamar pas hujan gede tiba2 mas al nangis ketakutan pas petirnya kenceng banget.Malem bunda pulang,mas al habis bunda gantiin baju diajak masuk kamar kaya orang ketakutan.kata mas al “ndak nau ada gluduk” wkwk..disangkanya gluduknya cm ada di kamar aja.Bunda bilang “gk ada gluduk kan hujannya berhenti lgan kan ada bunda”.Akhirnya mas al mau masuk kamar.Karena tau kamarnya itu ketetesan air terus klo hujan jd setiap mulai hujan dia langsung ambil ember atau nyuruh mbaknya ambil ember “mbak embel mbak hujan” dan embernya ditaruh di tempat yg ketetesan air wkwk..

6.klo misalnya pas siang hari minta sesuatu gk dikasih malemnya kebawa2 mimpi.Waktu itu bunda pulang kerja mas al nanya “pieee ana?” (es krim mana ?)..Bunda jwb “bunda gk beli nak.” mas al nangis tp cm bentar she..eh pas malemnya sambil merem nyebut2 “pieee2″ paginya bangun tidur langsung minta “pieeee”

7.tgl 11 -12-14 ayahnya pulang kerja naik motor sambil ngerokok,karena mas al belum tidur jd denger ayahnya pulang dia langsung lari pas liat ayahnya koq ngerokok dia ngomong “ayah koq okok cihh,anan okok donk” berulang2 dia ngomong gitu ayahnya cm ketawa2 doank sambil buang rokoknya 8.Tgl 12-12-14 ayahnya mas al ultah,pas mas al bangun bunda kasih tau mas al “mas al hari ini ayah ulang tahun,ucapin selamat ke ayah ya” mas al : “ayah aun ya?met aun y ayah”.Berangkat kerja ayahnya bawa kue banyak untuk dibagi2n temen kantor ada yg msuk tas, ada yg taruh di dpn motor.Disangka mas al kita mau ke cilegon lg bertiga karena waktu ke cilegon jg ayahnya sibuk masuk2n barang ke tas dan barang yg utk ditaruh di dpn motor..Mas al ngoceh2 “aku mau naik bis gede ke umah mbak cica” ha2x…

9.bisa berhitung angka 1-10 dengan urut tp angka 6 selalu ketinggalan 10.kosakatanya semakin banyak,udah pinter nanya klo bundanya lagi masak “macak apa unda?” “lagi macak ya?” “bikin apa tuh?”

11.tgl 14 des bunda kena flu..mas al nanya mas al :”unda atit ya?” bunda:iya neh kepala bunda pusing mas al : kacih inyak ya (kasih minyak ya),pijit2 ya.unda capek y?bobo gih ha2x… lucu deh klo mas al ngomong kaya anak gede

12. dari tgl 26 desember sore – 29desember pagi mbaknya cuti jadi otomatis dirumah cuma bertigaan aj.Ayahnya bercanda trus nyubit bunda eh mas al langsung bilang “ayah anan donk,unda kan atit”.Klo ada org2 nanya o :”fathir,mbaknya kemana?” mas al jwb :ke umah anaknya dulu. o:koq fathir gak ikut? mas al : ndak umah aj jauhh

13.Tgl 25 des kita bertiga belanja di superindo waktu lg antri ke kasir ayah sama bunda pindah ke kasir sebelah yang kosong,nah mas al sibuk mainan batere sampai gk nyadar klo ayah bundanya udah pindah.Kita berdua ngeliatin mas al tanpa bilang2.Pas mas al sadar klo ayah bundanya udah gk ada di belakangnya neh anak bukannya nangis tp dia nyariin ayah bundanya sambil ketawa2..

14.tgl 29 des pagi nyuruh ayahnya bangun utk kerja “ayah anun donk keja,uit habis nanti aq nangis neh” (ayah bangun donk,duit habis nanti aq nangis neh) ha2x..gk ada yg ngajarin padahal 15. Mas al sayang sama anak2 kecil terutama dede syfa tetangga depan rumah.Karena dede syfa cantik,tiap hari mas al main sama dede syfa.Dirumah mas al punya boneka panda gede banget dia ksh nama boneka itu dede cipa (syfa),bonekanya diajak ngobrol,pura2nya dimandiin,dikasih susu,diajak bobo dll.Lucu deh klo mas al ngomong am bonekanya itu.

15.diajak ayah beli topi,penjualnya sudah nenek2 tp blm tua2 banget.Kata ayahnya mau yg mana mas al?mas al jwb “aq mau yg embek,langsung ambil topinya dan mau dipake karena di dlm topinya ada kertasnya mas al ngomong ke penjualnya “bu,mau yang embek” eh si ibunya ngomong “manggilnya nek aj,sambil kasih topinya ke mas al” …”makacih nek” kata mas al xixi…ditawarin topi yang lbh bagus dia gk mau,ndak aq maunya yg embek aj.

16.bunda beliin baju tidur 2 setel merk GW warnanya cakep2,eh pas mau bunda pakaiin mas al seneng banget sambil ngomong “ini baju balu ya unda?” (ini baju baru ya bunda)

17.celotehnya mas al :

mas al : mbak baju aq balu

mbaknya : wah iya bagus ya

mas al : aq anteng gk mbak? (aq ganteng gk mbak) ?xixi

mbaknya : ganteng

———————————————————

waktu beli nasi uduk sama mbaknya,mas al ditanya2 sama penjualnya

penjual : kamu anak bapak siapa?

mas al : ayah andi aman

penjual :ibu nya siapa namanya?

mas al : lilis na ati

penjual : wah kamu pinter ya,neh klo misal ilang dah pinter di tanya2 (tp jangan sampe ilang juga y mas al :-) emang dari umur 1 than dah bunda ajarin nama lengkap ayah dan bundanya,dan dari umur 3bulan bunda dah kasih tau nama lengkapnya mas al walau waktu itu dia belum mengerti apa yang bunda ucapin tp mungkin terekam diotaknya.Jadi Waktu 1thn awal2 dia mulai pinter ngomong dia dah sering2 nyebut nama lengkapnya sambil mainan dia nyebut2 nama lengkapnya sendiri dengan intonasi dan nada bicara yg sama seperti yg bunda ucapkan waktu kasih tau namanya mas al

——————————————————–

mas al : mbak liat onyet yuk

mbaknya ;dimana?emang ada

mas al : ada…sambil jalan ke tempat kandang monyet (ternyata neh anak hapal jalan,klo naik motor sama ayahnya dia perhatiin ada kandang monyet gak jauh dari lapangan jd waktu jalan2 sama mbaknya dia ajak mbaknya liat monyet)

————————————————

waktu mau ke alfa jalan kaki berdua bunda aja

mas al :unda jalan itu ditutup,ewat ana aj sambil nunjuk ke arah jalan yg gk ditutup(bunda jalan itu ditutup,lewat sana aj)

bunda :emang jalan sana gk ditutup mas al?

mas al : ndak bunda: emang mas al tau? mas al : tau td am mbak ewat sana ****ehhh bener jalan itu gk di tutup

————————————————————

mas al : unda atitt (sambil nunjuk2 kakinya) ***biasa lah sakit karena gatel trus di garuk

bunda : ayo yah,kita bawa mas al ke rumah sakit,mas al sakit tuh (bercandaan aj xixi)

mas al ; ndak ke umah atit,aq kan mau makan

waktu itu mas al ikut bunda nengokin  tetangga yang sakit tipes karena telat makan jd tiap mas al gak mau makan bunda bilang “klo gak mau makan sakit kaya mama asha lho,tangannya disuntik kan”.Jadi pas bunda bilang “ayo kita bawa mas al ke rumah sakit “,mas al jwbnya “aq kan mau makan” umur 2 tahun tuh dah enak gak seperti waktu umur 2thn ke bawah, karena anak2 udah pinter banget jwb,pinter cerita jadi klo ada yang nakalin atau dia kenapa2 dia akan cerita,pinter nasehatin orang tua isi nasehatnya seperti waktu kita nasehatin ke dia,udah jarang bangun malam paling bangun malam klo clodinya udah basah dan dia minta ganti,udah enak klo diajak jln2 krn dia udah tau,udah bisa dikasih tau. 10624578_959510940742870_1370220108160957458_n                    topi embek pilihan mas al sendiri,diganti topi yang lain gak mau10888710_969567289737235_5722895262993048915_n 10891763_969567576403873_2734692879359168799_n

25bulan mas al

Standar

-Toilet trainning sudah berhasil baik PUP atau pipis

-Bisa menyebutkan nama lengkap ayah bundanya,dan dirinya sendiri.Kalau nama lengkap dirinya sendiri dan ayahnya dari usia 17bulan karena hampir tiap hari dari bayi disounding nama ayah dan nama dirinya sendiri.Nah nama bundanya cm tau nama depannya aja,baru beberapa hari dikasih tau nama lengkapnya skrg udah tau semua nama lengkap dirinya sendiri ayah dan bundanya

-udah bisa baca doa tidur walau awal2 harus dituntun tp setidaknya klo bundanya mengawali membaca doa mas al udah bisa meneruskan

-udah bisa nyanyi2

-udah bisa berhitung kadang bener urutannya kadang salah

-penyayang anak kecil, kalau liat anak kecil mbaknya suruh gendong bawa pulang ntr sama dia diajak bercanda

-sekarang susah klo disuruh mandi

-masih susah klo disikat giginya

-suka banget am mie tp mie ini hanya dikasih 2minggu sekali atau kalau bundanya lagi baik boleh 1 minggu 1 kali.Klo ditawarin makan maunya makan apa mas al?pasti dia jwb mie,dan bunda selalu bilang “mienya habis” ha2x…ampe anaknya nangis jg gk dikasih klo minta makannya mie.Kalau jatahnya makan mie dateng pasti mas al bisa duduk tenang gk pecicilan klo makan,gk kaya klo makan nasi dan mau makan sendiri ampe mienya habis.Hampir tiap anak pasti suka yang namanya mie tp klo kesukaan anak ini rutin dimakan tiap hari gk baik jg utk anak.Pengalaman sodara saya si anak dibiarkan makan mie hampir tiap hari karena org tuanya kalah dgn rengekan dan tangisan si anak yg minta mie tiap hari,dan akhirnya berakibat si anak obesitas.Gak mau donk si anak kaya gitu,jd bunda skrg jd polisi untuk makanan nya mas al

-seneng makan siomay,minggu kemarin hampir tiap hari mbaknya laporan mas al minta siomay terus.Akhirnya anaknya dan si mbak juga bunda bilangin.Klo jajanan yg beli2 gitu gk boleh rutin tiap hari beli,sesekali gpp tp klo sering nanti gak bunda tinggalin duit untuk jajan.(***biar aja bundanya dibilang over protected sama siapapun yg penting mas al sehat).Suka liat ditv2 pedangang2 itu mencari keuntungan dengan cara curang supaya menekan biaya jual rendah tp untung banyak.Nah yg digunakan itu bahan yg gk baik utk tubuh,walau gk semua pedagang begitu jadi daripada makan jajanan hampir tiap hari bikin mas al jd sakit makanya mas al makan jajanan dibatasin gk boleh tiap hari sesekali gpp

-tembok penuh lukisan mas al (alias dicoret2 dr yg di ruang tamu,kamar tidur),dah dikasih buku gk mau mungkin bagi dia kurang luas untuk dicoret2.Klo ditanya “ini gambar apa she mas al”? “kereta” wkwk..daya khayal nya tinggi

-anaknya teratur deh,klo mau pergi tv,cd di matiin sama dia,Klo habis mandi handuk nya ayah bunda dirinya sendiri diambil dikasih mbaknya suruh ditaruh tempatnya,klo habis buka lemari dia tutup lagi(dan yang paling sering buka lemari gk ditutup lagi itu bundanya,tp mas al rajin nutupin **jd malu am mas al xixi)

-pernah bunda salah ambil handuk untuk ngelap badannya mas al,yg bunda ambil handuknya bunda,eh mas al nangis “lha kenapa?” “anduk unda”,pas bunda liat “lha iya salah ambil”.Jadi klo bukan punyanya dia,dia gk mau

-udah pinter ngingetin ayahnya klo berangkat kerja “ayah mamamnya” (ngingetin ayahnya bekel makannya udah di bawa apa blm).Kalau ayahnya habis mandi gak pake baju,diingetin pakai baju dan diambilin pula “ayah pake aju nanti atit ho” (ayah pakai baju nanti sakit lho)

-9 nov 2014 dirumah ada arisan ibu2 ,nah waktu mbaknya bawa mangkok isi kuah soto panas tiba2 mas al narik2 mangkoknya,mbaknya bilang ‘jgn dek,ini panas’.Mas al jawab ‘cuma mau liat’ ha2x…anak bayinya bunda pinter bgd jawabnya

-di rumah lampu dapur mati,ayahnya bawa2 tangga trus mau ganti lampu.Eh tiba2 mas al ngingetin ayahnya tanpa ada yg ngajarin lho ‘ayah hati2′ wetsss anak bunda pinter

-mas al udah pinter ngadu,tgl 8nov bunda,mas al dan mbaknya ke pasar lagi jalan tiba2 mas al jatuh..Nangis bentar,suruh jalan lagi gk mau katanya ‘entar atuh agi’ (entar jatuh lagi).Sampai rumah ayahnya masih tidur,bangunin ayahnya ‘ayah,anun tadi atu atoh agi ,atit neh'(ayah bangun,tadi aku jatoh lagi,sakit neh) hi2x…boro2 dek ayahmu denger dia klo tidur kan kaya org pengsan mana denger

ini kakak qila umurnya cuma beda 3bln sama mas al,tuaan kakak qila.Klo dua anak ini ngobrol rame banget tp anehnya meraka nyambung walau belum jelas ngomongnya.

10169409_943402132353751_403942638363531716_n 1240197_943402329020398_2415148384060068985_n

Mas al 2thn

Standar

-Tgl 12 oktober bunda arisan RT tiba2 ada ibu2 yang bilang “Fathir anaknya ternyata banyak omong ya,kemarin saya lewat mau ngaji dia nanya saya “. “ngaji ya bu” xixi…bunda ketawa dengernya

-mas al lebih terkenal drpd bundanya,lagi ajak bunda jalan ke alfa mas al ada yang negor “dede mau kmana”…padahal itu beda gang..

-Pas lagi ikut bunda beli telor,eh pedagangnya cerita “ini anak suka nengor saya kalau saya pulang ambil dagangan” nanya saya “hey dari mana” tapi klo saya panggil gk mau ke sini..ha2x… mas al ramah bgd ternyata

-mas al Lagi main di rumah sama temen2nya,ada satu temen main sambil disuapin sama mbahnya,mas al mau lewat di depan mbahnya temennya itu eh mas al bilang “misi y bu” xixi…

-setiap ada tetangga yang mau berangkat kerja dia dari jauh dah minta salim “aim” xixi…Sampe ada tetangga yang berangkat kerja naik mobil karena mas al pengen salim akhirnya dia berhenti dulu karena mas al minta salim.

-hari sabtu kemarin waktu bundanya lg ngisi vla ke sus,mas al minta sus,susnya dimakan tp tetep ya sambil “bantuin bundanya”,semua dipegang…
mbaknya : dede,kita main aja yuk diluar (dirayu si mbak supaya gk ngerecokkin bunda)
dede : mbak aj,dede lg maem

-pagi2 mas al lg belajar mengenal benda yang ada di buku,tiba2 diluar ada kucing ngaung2(xixi..apa y bahasanya pokoe kucingnya berisik deh diluar).Tiba2 spontan mas al bilang “hust diem,aq lg blajal (belajar)” wkwk….kucing koq diajak ngomong

Masa2 Penyapihan mas al

Standar

Tanggal 9 oktober 2014

Biasanya mas al nen cm pas bunda pulang kerja aj,jadi pas bunda pulang kerja mas al udah ribut mau nen.Bunda olesin “nen”nya dgn mahoni karena udah niat bunda untuk nyapih mas al di umur 2thn.Pas mas al nen dia bilang ‘ait’ (pahit).Walau banyak pihak yg nyuruh nyapih dari mas al umur 1.5thn tp bundanya mas al itu ya bunda jadi apapun saran orang lain yang tidak sejalan dengan pemikiran bunda ya bunda gk ikutin karena bunda kekeh mau nyapihnya umur 2thn aja toh dalam al quran pun disebutkan menyusui hingga 2thn jadi tugas bunda ya harus diselesaikan sampai umur 2thn.

Pasti mas al sedih karena gak bisa nen lagi,yang sedih gk cuma mas al lho nak.Bunda juga sedih,gk tega liat mas al tidurnya jadi kaya orang bingung,guling-guling dari ujung ke ujung,nangis2 minta nen sampai bener2 pules.Biasanya jam 8 udah tidur ini jam 8.30baru tidur.

Jam 3 pagi mas al bangun,bunda tawarin susu embek gk mau,maunya katanya nen.Bunda bilang ‘pait’ dia diem.Air putih mau?mas al jwb iya.Akhirnya gak lama kemudian tidur lagi.Baru bangun lagi jam 4.45 dan dia bangun dengan senyum tapi pas mau makan pagi jam 6.00 dia ngamuk karena minta nen lagi.

Untuk hari pertama nyapih : lumayan sukses walau gak tega liatnya.